Tharman Shanmugaratnam Terpilih Sebagai Presiden Singapura

Dewuna.com – Tharman Shanmugaratnam, mantan Wakil Perdana Menteri Singapura, terpilih sebagai Presiden Singapura berikutnya setelah meraih kemenangan telak dengan perolehan 70,4% suara.

Sementara calon lainnya yang merupakan mantan kepala investasi GIC Ng Kok Song memperoleh 15,72 persen suara, sedangkan mantan kepala eksekutif NTUC Income Tan Kin Lian memperoleh 13,88 persen suara. Hasil akhirnya sangat mirip dengan penghitungan sampel yang diumumkan oleh Departemen Pemilihan Umum pada Jumat malam. Penghitungan sampel menunjukkan bahwa Tharman memperoleh 70 persen suara, sedangkan Ng dan Tan masing-masing memperoleh 16 persen dan 14 persen.

Sementara terdapat 50.152 suara yang ditolak, mewakili 1,98% dari total suara yang diberikan.

Setelah kemenangannya Tharman mengunggah di laman Facebook.
“Ini bisa, dan harus, menjadi masa depan yang saling menghormati satu sama lain, terlepas dari latar belakang dan pencapaian pendidikan,” Tulisnya. “Masa depan dengan interaksi yang lebih erat antara agama dan budaya yang berbeda, sehingga kita memperdalam identitas multikultural kita. Masa depan solidaritas meskipun kita menganut pandangan yang berbeda, yang merupakan hal yang wajar dalam demokrasi kita.”

Associate Professor Eugene Tan dari Fakultas Hukum Universitas Manajemen Singapura (SMU) menilai hal ini menunjukkan bahwa para pemilih mengesampingkan perbedaan politik mereka ketika mereka memberikan suara mereka untuk Tharman pada pemilu Jumat.

“Kami melihat lebih dari dua pertiga warga Singapura memilih Tharman, yang berarti dia akan mendapat suara dari orang-orang dari berbagai spektrum politik, meskipun ini bukan kontes politik. Yang lebih penting lagi, ini benar-benar menyatukan warga Singapura,” katanya, dilansir Channel News Asia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *