Teh dan es krim Dari Daun Kelor

Dewuna.com – Kelor si Pohon Ajaib “Miracle Tree” yang biasa dikonsumsi sebagai sayur oleh masyarakat Muna, kini diolah menjadi tepung dan teh sehingga memiliki nilai jual lebih.

Adalah Anshar seorang pemuda asal pulau Muna yang melakukan terobosan menjadikan daun kelor tidak hanya sebagai sayuran tapi bisa dijadikan minuman teh dan tepung untuk roti dan es krim.

Alumni Sarjana Perikanan Universitas Brawijaya Malang ini mengklaim bahwa anti inflamasi dari ekstrak daun kelor lebih manjur daripada madu dan kunyit.

Karena di dalam daun kelor memiliki kandungan vitamin A dan C sangat tinggi, juga kalsium, zat besi, fosfor dan protein. Bahkan biji buahnya yang tua dan kering menyimpan kadar minyak lemak nabati 25 hingga 40 persen. Komposisi asam lemaknya meliputi asam oleat, asam linoleat, asam eiokosanoat, asam palmitat, asam stearat, asam arakhidat.

Oleh karena itu tanaman yang memiliki nama ilmiah moringa oleifera ini diklaim sebagai super food karena kandungan nutrisinya yang luar biasa.

Menurut Anshar, daun Kelor juga menjadi salah satu sumber nutrisi bagi masyarakat Muna yang sering diolah menjadi sayur bening.

Ditangan Anshar daun kelor dijadikan varian tepung dan teh, tentunya setelah melalui proses yang sangat hati hati supaya kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Proses pengeringan merupakan yang terpenting, dengan kontrol yang ketat dalam ruangan khusus dengan suhu maksimal 35 derajat celcius dan kelembaban 46 persen agar tidak merusak kandungan nutrisi. Proses ini memakan waktu 3 hari sampai daun mengering sempurna.

Daun yang sudah kering kemudian ditumbuk atau digiling menjadi produk teh. Sedangkan untuk produk tepung daun kelor kering digiling lebih halus lagi dengan kehalusan hingga 500 mesh.

Ashar mengklaim tepung buatannya bisa dijadikan kue dan es krim. “Tepung kelor buatanku bisa digunakan untuk bahan dasar pembuatan kue dan es krim,” kata Anshar.

Anshar menuturkan dari catatan studi kasus, penderita diabetes yang mengeluh susah tidur setelah mengonsumsi serbuk kelor ini, tidurnya mulai teratur. Untuk penyakit hipertensi setelah mengonsumsi teh kelor kondisinya membaik.

Daun kelor juga bisa dioleskan langsung ke kulit sebagai pembunuh kuman atau digunakan secara topikal untuk mengobati infeksi, ketombe, penyakit gusi, gigitan ular, kutil, dan luka.

Produk-produk olahan kelor racikan Anshar ini sudah tersedia di toko toko  kota Raha, sedangkan untuk luar kota bisa dipesan melalui online. (Ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *