Sultra Catatkan Peningkatan Wisatawan Tertinggi di Indonesia sebesar 408,32 Persen

Dewuna.com – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mencapai prestasi luar biasa dengan menjadi daerah di Indonesia yang mencatat peningkatan kunjungan wisatawan nusantara tertinggi sebesar 408,32 persen setelah melewati masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Belli Harli Tombili, mengungkapkan bahwa pencapaian ini didasarkan pada data Mobile Positioning Data (MBD) yang dikumpulkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Data tersebut menunjukkan bahwa perjalanan wisatawan nusantara di Sultra pada tahun 2021 sekitar 2,5 juta, namun meningkat pesat menjadi 12,78 juta perjalanan wisata pada tahun 2022.

“Ini adalah pencapaian tertinggi di seluruh Indonesia, dengan peningkatan mencapai 400 persen. Sementara Sulawesi Selatan hanya mencapai sekitar 300 persen, sementara daerah lain mengalami stagnasi atau pertumbuhan hanya sekitar 20 hingga 30 persen,” ujar Belli Harli Tombili pada Jumat (15/9/2023).

Dari total 12,78 juta pergerakan wisatawan nusantara di Sultra pada tahun 2022, sekitar 62 persen atau sekitar 7,5 juta merupakan wisatawan dari luar daerah yang mengunjungi Sultra. Sementara itu, 38 persen sisanya adalah wisatawan lokal yang bepergian antara kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara.

Belli Harli Tombili juga menjelaskan bahwa alasan kunjungan wisatawan nusantara ke Sultra meliputi wisata bahari, kuliner, petualangan, dan wisata perkotaan. Selain itu, tren desa wisata juga semakin berkembang di daerah ini, dengan 298 desa dari total 1.908 desa di Sultra telah menjadi bagian dari jaringan desa wisata.

Selain itu, Sultra juga berhasil melampaui target pergerakan wisatawan nusantara dalam program Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia Bangga berWisata di Indonesia (BBI BWI) untuk Sultra. Meskipun target awal adalah 6,6 juta perjalanan wisata, Sultra telah mencapai 7,5 juta perjalanan wisata pada semester pertama tahun ini.

Dengan kondisi yang stabil, termasuk inflasi dan infrastruktur yang ditingkatkan, Sultra berharap dapat mencatat hingga 16 juta perjalanan wisata hingga akhir tahun ini. Upaya ini akan membantu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan mempromosikan pesona pariwisata Sulawesi Tenggara ke seluruh Indonesia. (Ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *