Rekapitulasi Pileg 2024 Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Dimulai Hari Ini

Dewuna.com – Rapat Pleno Terbuka untuk merekapitulasi hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara dimulai hari ini, Rabu (06/03/2024). Rapat tersebut berlangsung hingga 10 Maret 2024 dan diadakan di salah satu hotel berbintang di Kota Kendari.

Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tenggara (KPU Sultra), Tri Tujiana, dalam sambutannya menyampaikan bahwa rapat pleno tersebut sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan, sebagai bentuk kepatuhan baik dari pihak penyelenggara maupun peserta Pemilu 2024. Pelaksanaan pleno rekapitulasi tingkat provinsi ini merupakan bagian dari rangkaian panjang jenjang rekapitulasi, dimulai dari penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), hingga kabupaten/kota.

Proses rekapitulasi akan melibatkan berbagai pihak, termasuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra, perwakilan peserta Pemilu 2024, lembaga pemantau, dan pihak terkait lainnya. Tahapan ini menjadi langkah krusial dalam memastikan integritas dan keabsahan hasil Pileg 2024 di tingkat provinsi. Tahapan ini akan berlanjut hingga rekapitulasi secara nasional di KPU RI, mencapai puncak pada tanggal 20 Maret 2024.
“Sesuai tahapan berlangsung sejak hari ini, 6-10 Maret 2024,” jelas Tri Tijuana.

Rapat pleno rekapitulasi menjadi momen penting dalam mengevaluasi jalannya Pemilu, memastikan transparansi, dan menjamin bahwa suara masyarakat terwakili secara akurat dalam penetapan perolehan kursi di tingkat provinsi. Pihak KPU Sultra berkomitmen untuk menjalankan proses ini dengan profesionalisme dan integritas tinggi. (Ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *