Ratusan Desa di Sulawesi Tenggara Masih Terisolasi dari Sinyal Telekomunikasi

Dewuna.com – Ratusan desa yang tersebar di 17 kabupaten kota di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masih berstatus blankspot atau tidak memiliki sinyal telekomunikasi yang memadai.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sultra, I Gede Panca, mengungkapkan bahwa daerah-daerah yang tergolong sebagai Blankspot adalah daerah yang memiliki banyak titik tanpa sinyal telekomunikasi, terutama di kantor desa yang belum sepenuhnya dapat mengakses jaringan telekomunikasi. Ini belum termasuk daerah di jalan yang juga sering tidak memiliki sinyal

“Sekitar 140-an desa kategori Blankspot tersebar di 17 kabupaten kota se-Sultra,” ujar I Gede Panca.

Ia menekankan bahwa hampir semua kabupaten di Sultra memiliki beberapa desa Blankspot, termasuk daerah seperti Konawe Selatan, Kolaka, dan Muna, bahkan beberapa pulau terpencil juga terkena dampak dari ketidaktersediaan sinyal telekomunikasi.

Menyikapi situasi ini, I Gede Panca menjelaskan bahwa DPMD Sultra telah melaporkan kondisi tersebut kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sultra, yang memiliki tanggung jawab untuk mengatasi permasalahan Blankspot atau memfasilitasi desa-desa yang terdampak.

Menurutnya hal tersebut bisa dilakukan bekerja sama dengan pihak pusat, meminta bantuan dari tingkat provinsi, atau bekerjasama dengan penyedia layanan telekomunikasi seperti Telkomsel untuk mengatasi masalah ini. Namun, hal ini bukanlah tugas dari DPMD untuk mencari solusi jaringan, ini adalah tanggung jawab Kominfo.

Upaya yang dilakukan oleh DPMD Sultra diharapkan akan membuka jalan menuju solusi yang dapat meningkatkan konektivitas telekomunikasi di desa-desa Sultra yang masih berjuang dengan keterbatasan sinyal. (Ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *