Presiden Jokowi Tunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK Sementara Menggantikan Firli Bahuri

Dewuna.com – Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara, menggantikan Firli Bahuri yang terjerat kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Keputusan ini diumumkan melalui penandatanganan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 116 pada 24 November 2023.

“Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri, sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Sebelum penunjukan ini, Nawawi menjabat sebagai Wakil Ketua KPK. Keppres ini ditandatangani oleh Presiden Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, setelah rangkaian kunjungan kerja ke Papua dan Kalimantan Barat.

Penunjukan ini menyusul pemberhentian sementara Firli Bahuri yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan eks Menteri Pertanian. Kasus ini bermula dari pengaduan masyarakat ke Polda Metro Jaya pada 12 Agustus 2023, yang mengakibatkan Firli ditetapkan sebagai tersangka setelah gelar perkara oleh penyidik Polda Metro Jaya. Hingga saat ini, telah diperiksa 91 saksi terkait kasus ini. (An)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *