Prabowo – Gibran Resmi Ditetapkan Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

Dewuna.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia secara resmi menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Keputusan penetapan ini diambil berdasarkan hasil rapat pleno yang digelar di kantor KPU, Jakarta Pusat, pada Rabu (24/4/2024).

Dalam rapat pleno tersebut, Prabowo-Gibran hadir langsung sebagai Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 2. Pembacaan berita acara penetapan dilakukan oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, yang turut didampingi oleh komisioner KPU RI lainnya serta Sekjen KPU RI.

“Komisi Pemilihan Umum menetapkan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 2, H. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, sebagai Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029 dalam Pemilihan Umum 2024 dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 suara atau 58,59%,” ungkap Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) terlihat hadir pada acara tersebut. Sementara Ganjar Pranowo, yang merupakan salah satu calon presiden dengan pasangan Mahfud Md, tidak hadir dalam penetapan tersebut. Ganjar menyatakan bahwa dirinya tidak menerima undangan. Begitu pula dengan Mahfud Md, calon wakil presiden Ganjar, yang juga tidak hadir dalam acara tersebut.

Rapat pleno ini digelar dua hari setelah sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK), di mana gugatan yang diajukan oleh Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud ditolak oleh MK. Dengan penetapan ini, Prabowo-Gibran dijadwalkan untuk dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada tanggal 20 Oktober 2024. (Pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *