Politikus NasDem Tina Nur Alam Mundur sebagai Caleg Terpilih

Tina Nur Alam merupakan peraih suara terbanyak dari partai NasDem di Sultra dengan 68.863 suara

Dewuna.com – Politikus NasDem, Tina Nur Alam, mengundurkan diri sebagai calon legislatif (caleg) terpilih dalam sidang Sengketa Pemilihan Legislatif (Pileg) di Mahkamah Konstitusi (MK). Informasi pengunduran dirinya disampaikan saat sidang tersebut di Jakarta pada Senin (13/5).

Tina Nur Alam berhasil meraih suara terbanyak sebagai caleg DPR untuk daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tenggara 1. Namun demikian, ia dihadapkan pada gugatan dari Ali Mazi, mantan Gubernur Sulawesi Tenggara yang juga kader NasDem dengan suara tertinggi kedua di dapil yang sama.

Dalam persidangan di MK, Tina Nur Alam juga menyatakan mundur sebagai pihak Terkait dalam gugatan yang diajukan oleh Ali Mazi. Gugatan tersebut tertuang dalam nomor perkara 11-02-05-28/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024.

“Atas dasar pengunduran diri saya sebagai calon anggota DPR tersebut maka dengan ini saya juga menyampaikan pengunduran diri saya selaku pihak terkait dalam perkara ini,” kata Tina Nur Alam.

Tina Nur Alam menyampaikan alasan pengunduran dirinya dengan mengacu pada Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 360 tahun 2024 tentang penetapan hasil pemilihan umum. Ia menyatakan bahwa melihat perkembangan situasi dan psikologi atas perselisihan tersebut, maka memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan calon anggota DPR. Pengunduran dirinya ini juga dilakukan sebagai pihak terkait dalam perkara tersebut.

Surat pengunduran diri Tina Nur Alam secara resmi telah disampaikan kepada KPU RI pada tanggal 13 Mei 2024, dan disaksikan oleh hakim MK di panel I serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Dengan mundurnya Tina Nur Alam, kursi yang sebelumnya diduduki olehnya akan digantikan oleh rekan separtainya dari NasDem. Di dapil Sulawesi Tenggara, NasDem mendapat jatah satu kursi, yang sebelumnya berhasil direbut oleh Tina Nur Alam dengan meraih 68.863 suara. (Pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *