Polda Sultra Mengubah Uji Praktek Lintasan Untuk SIM Roda Dua Lebih Mudah

Dewuna.com — Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) secara resmi telah mengubah uji praktek lintasan untuk layanan surat izin mengemudi (SIM) roda dua atau SIM C. Perubahan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan SIM kendaraan bermotor.

Peresmian uji lintasan baru ini dilakukan oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sultra, Kombes Pol Zainal Rio Chandra Tangkari,

Dalam keterangan kepada media, Kombes Pol Zainal Rio menyatakan bahwa perubahan tersebut telah menghilangkan lintasan zig-zag dan mengganti lintasan angka delapan dengan lintasan leter S. Selain itu, lebar lintasan juga diperbesar menjadi 2,5 kali lebih lebar dari sepeda motor pada umumnya. Tujuan dari perubahan ini adalah agar uji praktek lintasan menjadi lebih aplikatif dan memberikan tanggung jawab yang lebih besar kepada para calon pengemudi SIM.

“Kita telah menindaklanjuti keputusan dari Bapak Kakorlantas melalui Surat Keputusan Kakorlantas Nomor: 105/VIII/2023 tentang pelaksanaan atau penerbitan SIM dengan metode yang baru ini. Jadi, ini sebagai wujud juga dari perintah Bapak Kapolri agar menerbitkan atau menyelenggarakan penerbitan SIM yang mudah bagi masyarakat,” kata Rio.

Selain itu, Kombes Pol Zainal Rio juga mengumumkan rencana penerbitan buku panduan uji praktek SIM roda dua yang akan dibagikan kepada masyarakat. Hal ini diharapkan dapat memberikan panduan yang lebih jelas dan membantu calon pengemudi dalam mempersiapkan diri untuk uji praktek lintasan.

Perubahan uji praktek lintasan ini merupakan langkah positif dari Kepolisian Polda Sultra untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dalam mendapatkan SIM kendaraan bermotor. Diharapkan perubahan ini dapat mempermudah proses perolehan SIM dan pada akhirnya mendorong pengendara untuk lebih bertanggung jawab dan aman dalam berlalu lintas. (Ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *