Pemkot Kendari Panen Perdana Bawang Merah, 3,6 Ton dari Lahan 0,5 Hektar

Dewuna.com – Pemerintah Kota Kendari telah meraih kesuksesan dalam panen perdana bawang merah dengan hasil sebanyak 3,6 ton di Kelurahan Labibia hasil panen pada awal Oktober 2023. Panen tersebut merupakan hasil dari kebun dengan luas mencapai 0,5 hektare.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, menyambut baik pencapaian hasil panen petani di Kelurahan Labibia. Ia mengungkapkan apresiasi terhadap kerja keras para petani bawang merah yang telah berkontribusi menjaga ketersediaan bawang merah di Kendari.

“Pemerintah akan mendukung penuh upaya petani dalam mengembangkan pertanian bawang merah. Semoga ke depan hasilnya bisa melimpah,” ujar Ridwansyah.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Kendari, Sahurianto, menjelaskan bahwa panen perdana bawang merah ini merupakan hasil dari lahan uji coba seluas 0,5 hektare yang telah ditanam tiga bulan lalu. Ini merupakan panen ketiga di wilayah Kota Kendari setelah sebelumnya ada panen di Kecamatan Baruga, Kambu, dan Abeli dengan potensi lahan sekitar 24 hektar.

Sahurianto juga menekankan bahwa panen ini mungkin belum mencukupi seluruh kebutuhan masyarakat, namun setidaknya dapat memenuhi stok, terutama untuk kebutuhan bawang goreng Kelompok Wanita Tani (KWT) Matahari di Lepo-lepo. Proses pasca panen juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Pertanian, sehingga hasil panen dapat diolah menjadi bawang goreng.

Untuk kelanjutan produksi bawang merah yang lebih maksimal, diperlukan intervensi dari pemerintah, seperti penyediaan fasilitas pengairan, serta sarana dan prasarana pertanian. Distan Kota Kendari juga telah menyiapkan bantuan berupa bibit, pupuk, serta sarana dan prasarana pertanian seperti handsprayer dan mulsa untuk mendukung petani dalam tahun 2023. Semua ini bertujuan untuk memastikan hasil panen petani semakin optimal.

Pemkot Kendari perlu terus mendukung upaya petani bawang merah agar produksinya bisa terus meningkat. Hal ini penting untuk menjaga ketersediaan bawang merah di Kendari dan menekan harga bawang merah di pasaran. (Ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *