Menteri Agama RI Akan ke Arab Saudi Terkait Pengurangan Kuota Petugas Haji

Dewuna.com – Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, mengumumkan rencananya untuk melakukan perjalanan ke Arab Saudi guna menemui Kementerian Haji setempat. Pertemuan ini berkaitan dengan pengurangan kuota petugas haji dari 4.200 menjadi 2.000 untuk tahun depan. Pengumuman ini disampaikan saat penutupan Munas dan Konbes NU di Jakarta, Selasa (19/9/2023).

“Saya akan ke Saudi bersama dengan Kementerian haji untuk menjelaskan rasio petugas dan jamaah yang paling ideal menurut versi kami,” ujar Menag Yaqut saat menghadiri penutupan Munas dan Konbes NU di Jakarta, Selasa.

Pengurangan ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah Indonesia, mengingat Indonesia memiliki jumlah peserta haji terbanyak di dunia. Untuk menjaga kualitas pelayanan kepada para jemaah, terutama mereka yang berusia di atas 65 tahun, Indonesia memerlukan jumlah petugas yang memadai.

“Jika kuota petugas hanya 2.000, maka setiap petugas akan harus melayani 100 jamaah. Ini jauh dari ideal. Menurut hitungan kami, rasio yang ideal adalah minimal 1 petugas untuk 50 jamaah. Lebih baik lagi jika bisa 1 petugas untuk 25 jamaah,” jelas Gus Yaqut.

Yaqut menambahkan, pengurangan kuota petugas ini menjadi isu yang cukup sensitif, mengingat ini berkaitan langsung dengan kualitas pelayanan terhadap jemaah, terutama bagi yang berusia lanjut dan memerlukan perhatian khusus selama melaksanakan ibadah haji. (Hp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *