Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli Tutup Usia

Dewuna.com – Indonesia kehilangan seorang tokoh penting dalam dunia ekonomi dan pemerintahan. Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, meninggal dunia pada usia 69 tahun di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Kabar ini diumumkan oleh staf Rizal, Tri Wibowo Santoso, dengan penuh duka.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo,” ungkap Tri Wibowo Santoso.

Tri Wibowo Santoso juga mengungkap bahwa Rizal Ramli telah menjalani perawatan di RSCM selama hampir 2 bulan. Mengenai penyakit yang diidap Rizal Ramli, Tri Wibowo Santoso menjelaskan bahwa beliau menderita kanker pankreas stadium 4.

Rizal Ramli, lahir di Padang, Sumatera Barat, pada 10 Desember 1954, bukan hanya dikenal sebagai mantan aktivis mahasiswa, tetapi juga sebagai pakar ekonomi yang berpengaruh. Ia telah mengisi berbagai jabatan eksekutif, termasuk sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) pada periode 2000-2001, dan sebagai Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri.

Di era pemerintahan Presiden Joko Widodo, Rizal Ramli memegang posisi strategis sebagai Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia dari tahun 2015 hingga 2016.

Kepergian Rizal Ramli merupakan kehilangan besar bagi Indonesia, terutama dalam ranah kebijakan ekonomi dan pengelolaan sumber daya alam. Semoga beliau mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. (Pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *