Mahkamah Internasional Perintahkan Israel untuk Mencegah Tindakan Genosida Terhadap Warga Palestina

Dewuna.com – Mahkamah Internasional (ICJ) telah mengeluarkan keputusan yang memerintahkan Israel untuk mencegah tindakan genosida terhadap warga Palestina. Keputusan tersebut juga menyerukan bantuan lebih lanjut kepada warga sipil di wilayah konflik. Meskipun ICJ tidak memerintahkan gencatan senjata seperti yang diminta oleh negara penggugat, Afrika Selatan, keputusan ini dianggap sebagai kemunduran hukum bagi Israel.

Kasus ini dibangun berdasarkan konvensi genosida yang ditetapkan setelah Holocaust Perang Dunia Kedua. ICJ menemukan bahwa hak-hak warga Palestina telah diingkari dalam konflik, menyebabkan kerugian kemanusiaan. Pengadilan juga menyerukan kelompok bersenjata Palestina untuk melepaskan sandera yang ditangkap sejak 7 Oktober.

Keputusan ini mendapat respons yang beragam. Kementerian Luar Negeri Palestina menyatakan bahwa “tidak ada negara yang kebal hukum.” Kelompok Hamas berjanji untuk “mengisolasi pendudukan dan mengungkap kejahatannya di Gaza.” Sementara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyambut baik perintah gencatan senjata, namun menolak klaim genosida, menyebutnya “keterlaluan,” dan bersikeras bahwa Israel akan terus mempertahankan diri.

Meskipun Israel berusaha agar kasus ini dibatalkan saat Afrika Selatan membawanya ke pengadilan dunia. Pada akhirnya hakim ICJ memerintahkan Israel untuk mencegah tindakan genosida, menghukum tindakan penghasutan, dan memperbaiki situasi kemanusiaan.

Namun keputusan itu tidak memutuskan adanya tuduhan genosida. Keputusan itu juga tidak dapat diajukan banding. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *