KPK Tangkap Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Dewuna.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Kamis (12/10) malam. SYL ditangkap di sebuah apartemen di Jakarta Selatan.

KPK mengungkapkan alasan menangkap SYL lantaran adanya kekhawatiran yang bersangkutan melarikan diri. Selain itu juga dikhawatirkan SYL menghilangkan barang bukti.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menuturkan KPK sebelumnya sudah memberikan ruang kepada SYL untuk datang ke KPK memenuhi panggilan. Meski SYL tidak dapat hadir pada panggilan pertama pada tanggal 11 Oktober karena alasan menjenguk ibunya yang sakit di Makassar, namun ketika SYL sudah berada di Jakarta KPK pada Kamis malam langsung melakukan penjemputan paksa. Selanjutnya SYL dibawa ke gudung merah putih untuk menjalani pemeriksaan.

“Kami juga mendapat informasi bahwa tadi malam yang bersangkutan sudah ada di Jakarta artinya sudah berada di Jakarta dan kami sudah tunggu tadi, hari ini,” kata Ali Fikri.

Pengacara SYL, Febri Diansyah, mengatakan yang ia ketahui surat perintah penangkapan sebenarya sudah terbit pada pemanggilan pertama 11 Oktober lalu.

“Yang bisa saya sampaikan tadi saya cek tanggal suratnya itu tanggal 11 Oktober 2023,” kata Febri di gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023) dini hari.

Febri menilai proses penangkapan kepada SYL terjadi begitu cepat.

“Jadi rangkaian proses yang begitu cepat dan kalau kita bandingkan dengan misalnya proses-proses pemanggilan untuk tersangka-tersangka lain tentu saja ada begitu banyak pertanyaan terkait dengan proses-proses ini,” jelas Febri. (Pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *