Konawe Utara Akan Jadi Homebase Skuadron Penerbad TNI AD

Dewuna.com – Kepala Staf TNI AD, Jenderal Dudung Abdurachman memastikan pembangunan skuadron Penerbad di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan rampung pada tahun 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Dudung usai melakukan peninjauan lokasi persiapan pembangunan skuadron di desa Molore Kecamatan Langgikima, Rabu (11/10/2023).

“Dilihat dari lokasi, tidak melihat kata ancaman, lokasi ini sangat strategis kalau nanti ditempatkan disini dan perekonomian bisa semakin maju,” ungkap Dudung.

Dia menjelaskan selanjutnya pihaknya akan mulai merencanakan kebutuhan materil dan personil guna pembentukan skuadron di wilayah Langgikima tersebut.

“Yang penting landasan dulu kita selesaikan pembagunannya. baru kita siapkan personilnya. Saya minta dukungan dari masyarakat semoga pembangunannya berjalan dengan lancar. Pasti akan terbangun di 2024,” ujarnya.

Pembentukan skuadron Penerbad di Konut itu tak lepas dari kerja keras pemerintah kabupaten yang dipimpin Bupati, Ruksamin. Bupati Konut dua periode itu tercatat sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait sebagai bentuk keseriusannya agar skuadron Penerbad dibangun di Konut.

Ruksamin mengungkap pihaknya menyiapkan lahan seluas 180 hektar untuk kepentingan pembentukan landasan pesawat terbang tersebut. Lokasi itu masuk dalam wilayah Desa Molore dengan status lahan Areal Penggunaan Lain (APL). Yang berarti tidak masuk dalam kawasan hutan.

Dengan adanya skuadron Penerbad di Konut, diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan pertahanan wilayah Sulawesi Tenggara. Selain itu, juga dapat mendorong perekonomian masyarakat Konut dan sekitarnya. (Ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *