Ketua KPK Firli Bahuri Akui Pertemuan dengan Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo

Dewuna.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, telah mengonfirmasi adanya pertemuan antara dirinya dan eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, yang menjadi viral di media sosial. Pengakuan ini diberikan oleh Firli Bahuri dalam pemeriksaan di Bareskrim Polri pada Selasa (24/10/2023), yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga 19.30 WIB.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, menjelaskan bahwa Firli Bahuri membenarkan peristiwa tersebut, yang terjadi sekitar bulan Maret 2022. Namun, ia tidak memberikan rincian lebih lanjut karena pertemuan tersebut merupakan bagian dari materi penyidikan yang sedang diusut oleh tim penyidik gabungan dari Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

Pihak berwenang menggunakan Pasal 12 huruf e atau Pasal 12 huruf B, atau Pasal 11 UU Tipikor Jo Pasal 65 KUHP dalam penyelidikan ini. Meskipun belum ada tersangka yang ditetapkan, penyidik terus melakukan tugas penyidikan untuk mengumpulkan bukti dan mengungkap dugaan tindak pidana. Penyidik menjunjung transparansi dan profesionalisme dalam upaya ini.

Firli Bahuri juga telah menunjukkan kerjasama dengan polisi dengan memenuhi panggilan untuk diperiksa lebih lanjut. Kasus dugaan pemerasan ini telah memasuki tahap penyidikan setelah gelar perkara pada 6 Oktober 2023.

Sebelum pemeriksaan di Bareskrim Polri, Firli seharusnya diperiksa di Subdit Tipikor Ditreskrimsus Gedung Promoter Polda Metro Jaya. Namun, pimpinan KPK telah meminta pemeriksaan dilakukan di Bareskrim Polri, yang akhirnya diakomodasi.

Kepala Biro Penmas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, menjelaskan bahwa tidak ada perlakuan khusus terhadap Firli dalam pemeriksaan, dan Bareskrim Polri hanya memberi fasilitas ruang pemeriksaan atas permintaan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Firli tiba dan berangkat dari Bareskrim Polri tanpa terpantau oleh awak media.

Pemeriksaan ini merupakan bagian dari upaya penyidikan untuk mengungkap dugaan keterlibatan dalam tindak pidana korupsi yang melibatkan Syahrul Yasin Limpo dan pihak-pihak terkait.(Pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *