Kadivhubinter Irjen Krishna Murti Ungkap Data Pelintasan Harun Masiku Keluar dan Masuk ke Indonesia

Dewuna.com – Kadivhubinter Irjen Krishna Murti mengungkapkan bahwa data terbaru mengenai pelintasan buron Harun Masiku telah diungkap. Pada tanggal 16 Januari 2020, Harun terdeteksi melakukan perjalanan ke Singapura, dan hanya dalam satu hari setelahnya, yaitu pada tanggal 17 Januari 2020, Harun kembali ke Indonesia. Krishna menjelaskan bahwa pada waktu itu, pihaknya belum menerima permintaan bantuan dari KPK untuk menangkap Harun.

“Pada saat 16 Januari 2020 yang bersangkutan ke Singapura tapi 17 Januari 2020 sehari yang bersangkutan kembali ke Indonesia,” ungkap Krishna di Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, Jakarta. Senin (7/8/2023).

Meski begitu, Krishna menjelaskan bahwa pada saat itu, pihaknya belum menerima permintaan bantuan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menangkap Harun. Barulah setelah tanggal pelintasan tersebut, KPK mengajukan permintaan bantuan, yang kemudian mendorong Divisi Hubungan Internasional untuk berkoordinasi dengan Interpol pusat di Lyon, Perancis. Red notice atas nama Harun Masiku dikeluarkan oleh Interpol pada 30 Juni 2021.

Meskipun ada indikasi bahwa Harun mungkin masih berada di Indonesia, Krishna juga mengemukakan bahwa ada potensi Harun melarikan diri ke luar negeri lagi. Namun, ia menegaskan bahwa Harun masih mempertahankan kewarganegaraannya dan bisa saja mungkin mengubah identitas serta data untuk menghindari penangkapan.(Pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *