Jutaan Massa Aksi Bela Palestina di Monas. Dubes Palestina Sampaikan Salam Dari Bangsa Palestina

Dewuna.com – Sekitar 2 juta massa berkumpul di Monas, Jakarta, untuk mengikuti aksi bela Palestina pada Minggu, 5 November 2023. Acara ini dihadiri oleh Menteri Luar Negeri RI Retno L.P Marsudi, yang menegaskan dukungan pemerintah Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina dalam menghadapi konflik Israel-Hamas.

Dalam orasinya, Menlu Retno Marsudi menyampaikan solidaritas Indonesia terhadap kemanusiaan dan perjuangan rakyat Palestina.
“Ibu bapak yang saya hormati, atas nama pemerintah Indonesia kami ingin menegaskan dukungan Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina,” ucap Menlu Retno.

Menlu Retno juga menyampaikan bahwa bantuan tahap pertama dari Indonesia untuk warga Palestina di Jalur Gaza telah diberangkatkan. Bantuan tersebut tidak hanya berasal dari pemerintah, tetapi juga dari seluruh masyarakat Indonesia melalui lembaga-lembaga kemanusiaan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Staquf, mantan wapres Jusuf Kalla, tokoh Muhammadiyah Din Syamsuddin, dan calon presiden Anies Baswedan.

Din Syamsuddin mengingatkan bahwa rakyat Palestina adalah yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia, bahkan sebelum Proklamasi 1945. Melalui lisan mufti Palestina, syekh al Husaini, Palestina menyatakan dan mengakui kemerdekaan Indonesia pada 6 September 1944 melalui siaran radio dari Berlin, Jerman.

Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, turut hadir dalam aksi bela Palestina tersebut dan menyampaikan apresiasi dan terima kasih tinggi kepada Indonesia atas dukungannya terhadap Palestina.

“Salam dari bangsa Palestina disertai apresiasi dan kebanggaan yang setinggi-tingginya buat seluruh yang hadir, seluruh bangsa Indonesia dan kepada Pemerintah Indonesia, tokoh-tokoh pemimpin Indonesia, atas dukungannya terhadap Palestina,” kata Zuhari.

Ia berharap suatu saat kemerdekaan Palestina akan terwujud, Israel akan pergi, dan rakyat Palestina dapat hidup bahagia. (Pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *