Jokowi Lantik Menkominfo Budi Arie Setiadi Gantikan Plate

Dewuna.com – Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), menggantikan Johnny G Plate. Budi Arie Setiadi sebelumnya dikenal sebagai Ketua Umum Projo, organisasi relawan pendukung Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga melantik lima orang wakil menteri yang akan mendampingi kerja pemerintah dalam menjalankan tugasnya. Para wakil menteri yang dilantik antara lain:

1. Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (WamenBUMN): Rosan Roeslani
2. Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo): Nezar Patria
3. Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes): Prof. Paiman Raharjo, yang menggantikan Budi Arie Setiadi.
4. Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu): Pahala Mansury
5. Wakil Menteri Agama (Wamenag): Saiful Rahmat Dasuki, yang menggantikan Zainut Tauhid.

Pelantikan Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, pada hari Senin (17/7/2023). Setelah dilantik di Istana Kepresidenan, Budi Arie melakukan serah terima jabatan dengan Pelaksana Tugas (Plt) Menkominfo Mahfud Md di Kantor Kominfo, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta. Acara serah terima jabatan tersebut dihadiri oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika yang baru dilantik Nezar Patria dan para pejabat eselon Kementerian Kominfo.

Dalam pidatonya, Mahfud Md menyampaikan bahwa masa jabatannya sebagai Pelaksana Tugas Menkominfo yang berlangsung selama hampir dua bulan terlalu singkat untuk mengenal seluruh jajaran Kominfo secara mendalam. Ia menekankan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah sebuah lembaga yang sangat besar, dengan banyak surat masuk setiap harinya yang harus ditelaah dengan seksama.

Mahfud menitipkan pesan kepada Budi Arie agar bekerja dengan hati-hati sebagai Menkominfo, terutama mengingat adanya permasalahan hukum yang sedang dihadapi Kominfo terkait kasus korupsi BTS 4G yang melibatkan menteri sebelumnya.

Mahfud juga mengakui bahwa masa jabatannya yang singkat, hanya dua bulan kurang empat hari, tentu tidak cukup untuk menyelesaikan seluruh beban kerja di Kominfo. Oleh karena itu, ia menilai penunjukan Budi Arie dan Nezar Patria oleh Presiden Jokowi sebagai langkah yang tepat.

Dengan pelantikan Budi Arie Setiadi dan lima wakil menteri baru ini, diharapkan pemerintah dapat terus melaksanakan tugasnya dengan baik dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan negara. (Pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *