Jambu Mete Muna Besar dan Berlemak, Dijadikan Varietas Unggulan Nasional

Dewuna.com – Pulau Muna tidak hanya kaya akan keindahan alam, tetapi juga memiliki sumber daya pangan yang melimpah. Salah satu produk unggulan daerah ini adalah Jambu Mete, yang dikenal dengan ukurannya yang besar dan kandungan lemaknya yang tinggi. Tak salah bila jambu mete telah menjadi salah satu ikon Kabupaten Muna.

Tanaman mete telah dibudidayakan di daerah ini sejak lama, dan saat ini Muna menjadi salah satu penghasil kacang mete potensial di Indonesia.

Bahkan komoditas mete Muna telah ditetapkan sebagai varietas unggulan secara nasional oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Mete Muna juga menjadi salah satu sumber benih terbaik di Indonesia.

Jambu mete Muna memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jambu mete dari daerah lain, yaitu: Ukuran gelondongnya yang besar, yaitu sekitar 10,35 gram per butir. Rasanya yang gurih dan manis. Daya tahannya yang tinggi terhadap penyakit layu Fusarium. Kemampuannya untuk tumbuh di lahan kering dan iklim basah.

Dengan kualitas yang tinggi dan citarasa yang istimewa, jambu mete Muna memiliki potensi untuk menjadi salah satu produk unggulan Indonesia.

Bile berkunjung ke pulau Muna banyak toko toko menjual kacang mete dalam berbagai olahan, seperti keripik kacang mete, kacang mete goreng, dan kacang mete sangrai.

Pemasaran jambu Mente yang semakin meluas membawa harapan akan peningkatan pendapatan petani, serta peningkatan nilai ekonomi daerah. (Ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *