Inilah Padi Kaya Gizi Untuk Cegah Stunting Yang Dibagikan Pemda Sultra

Dewuna.com – Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara telah memulai distribusi bibit padi kaya gizi kepada petani di delapan kabupaten pada bulan Agustus 2023. Langkah ini diambil sebagai bagian dari usaha mencegah stunting, masalah pertumbuhan anak yang mengkhawatirkan.

Jenis bibit padi yang disebarkan adalah varietas Inpari IR Nutri Zink dan Inpago 13 Fortiz, yang memiliki kandungan gizi lebih tinggi daripada bibit padi biasa. Kandungan zat besi, zinc, vitamin A, dan protein dalam bibit ini penting bagi pertumbuhan anak dan berpotensi mencegah stunting.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara, LM Rusdin Jaya, menjelaskan bahwa program ini dimulai pada tahun 2021 dengan tujuan menyasar 4.000 petani di delapan kabupaten seperti Konawe Selatan, Konawe, Bombana, Kolaka, Kolaka Timur, Konawe Utara, Kolaka Utara, dan Buton.

Tujuan utama dari program ini adalah menggunakan hasil panen padi kaya gizi untuk mendukung program perbaikan gizi guna mencegah stunting.

Rusdin menyatakan, “Kami berharap program ini minimal dapat mencegah stunting pada tahap awal. Beras rendah karbohidrat namun kaya gizi ini merupakan pilihan yang sehat.”

Stunting merupakan masalah gizi kronis yang ditandai dengan pertumbuhan anak yang lebih rendah dari standar usia. Masalah ini dapat berdampak serius terhadap perkembangan otak dan menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, termasuk keterbelakangan mental. (Ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *