Ikan Napoleon Yang Kian Langka, Diburu Karena Mahal Harganya

Dewuna.com – Ikan Napoleon namanya, di pasar ikan tradisional harganya sangat mahal karena banyak dicari dan sulit didapat. Ikan yang dikenal karena kelezatannya itu keberadaanya kian langka bahkan kini sudah dinyatakan sebagai spesies yang dilindungi.

Ikan Napoleon, juga dikenal sebagai ikan Humphead Wrasse (Cheilinus undulatus), merupakan salah satu spesies ikan yang hidup di terumbu karang. Ikan ini memiliki kepala yang besar dengan bibir tebal yang menonjol dan panjangnya bisa mencapai dua meter.

Ikan Napoleon biasanya hidup di terumbu karang di Samudra Hindia dan Pasifik Barat Tengah. Ia juga ditemukan di sekitar perairan kepulauan dan pulau-pulau terpencil yang memiliki ekosistem terumbu karang yang baik. Seperti di wilayah Sulawesi Tenggara ikan Napoleon dapat ditemukan di perairan Wakatobi dan sekitar pulau Buton.

Sayangnya, ikan Napoleon saat ini terancam kepunahan karena berbagai faktor, termasuk perburuan yang berlebihan dan kerusakan habitat terumbu karang. Ikan ini sangat diincar oleh nelayan karena dagingnya yang lezat dan mahal harganya. Akibatnya, populasi ikan Napoleon telah menurun secara signifikan dalam beberapa dekade terakhir.

Di pasar ikan Wameo, Bau Bau, kadang ditemukan pedagang yang menjual ikan Napoleon, entah sengaja diburu atau tak sengaja tertangkap jaring nelayan bersama ikan lainnya. Harganya juga sangat mahal perkilo bisa mencapai 70 rb.

Namun, perlu diingat kembali bahwa ikan Napoleon merupakan spesies yang dilindungi dan terancam punah. Penting untuk mematuhi peraturan penangkapan ikan yang berlaku dan menjaga kelestarian populasi ikan Napoleon serta ekosistem laut di wilayah Sulawesi Tenggara. (An)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *