Hanya Delapan Partai yang Lolos Ambang Batas Parlemen Menurut Survei Terbaru

Dewuna.com – Dalam survei terbaru yang dirilis oleh Indikator Politik Indonesia pada Jumat, 18 Agustus 2023, Direktur Eksekutif Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan bahwa jika Pemilu diadakan saat ini, hanya delapan partai politik yang akan lolos dari ambang batas parlemen sebesar 4 persen. Survei ini memberikan gambaran tentang preferensi pemilih terhadap berbagai partai politik di Indonesia.

Hasil survei menunjukkan bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memimpin dengan elektabilitas tertinggi sebesar 24,7 persen. Di urutan kedua, terdapat Partai Gerindra dengan 12,3 persen, diikuti oleh Partai Golkar dengan 10,7 persen, dan PKB dengan 8 persen. Sementara itu, Demokrat memiliki elektabilitas sebesar 6,9 persen, PKS 5,3 persen, NasDem 5 persen, dan PAN 4,3 persen.

Namun, beberapa partai masih berjuang untuk melampaui ambang batas parlemen. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memiliki elektabilitas sebesar 2,7 persen, Perindo 1,6 persen, PSI 0,6 persen, Hanura 0,5 persen, Partai Buruh 0,2 persen, PBB 0,2 persen, Partai Gelora 0,2 persen, Partai Garuda 0,1 persen, Partai Ummat 0,1 persen, dan PKN 0 persen. Sementara 16,8 persen responden belum menentukan pilihan atau tidak memberikan jawaban.

Burhanuddin menyatakan bahwa dinamika dukungan terhadap partai politik dalam survei ini tidak mengalami perubahan yang signifikan, dengan pergerakan elektabilitas masing-masing partai hanya sekitar 1 persen.

Survei ini dilakukan dari tanggal 15 hingga 21 Juli 2023 dengan melibatkan 1.811 responden yang merupakan warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling, dan wawancara dilakukan secara tatap muka. Margin of error dari survei ini adalah sekitar 2,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Hasil survei ini memberikan gambaran tentang dinamika dukungan partai politik dalam persiapan menuju pemilihan anggota DPR. (Pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *