Gempa Bumi Mengguncang Maroko Ratusan Orang Tewas

Dewuna.com – Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,8 mengguncang Maroko pada Jumat (8/9). Jumlah korban  pada jumat malam dilaporkan ada 296 orang tewas dan 153 lainnya luka-luka.

Laporan mengenai pembaruan data korban tersebut diungkapkan oleh televisi milik pemerintah setempat dengan mengutip Kementerian Dalam Negeri Maroko.

Sebelumnya, Badan Survei Geologi AS (USGS) menyebutkan kekuatan gempa sebesar magnitudo 6,8, dan terjadi pada kedalaman yang relatif dangkal yaitu 18,5 km. Sementara Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) melaporkan gempa berkekuatan magnitudo 6,9.

Adapun Pusat Geofisika Maroko menyatakan, gempa yang terjadi di kawasan Ighil di Pegunungan Atlas Tinggi itu memiliki kekuatan magnitudo 7,2.

Lokasi pusat gempa berada 77 km sebelah barat daya Kota Marrakesh yang berpenduduk 839.000 jiwa.

Gempa tersebut menyebabkan kerusakan parah di sejumlah bangunan di daerah sekitar pusat gempa, termasuk di desa Ighil, desa-desa di sekitarnya, serta di beberapa kota besar, seperti Marrakesh, Essaouira, dan Agadir.

Dilaporkan juga orang-orang yang terjebak di bawah reruntuhan, dan ada panggilan bantuan untuk segera menyelamatkan mereka, akibat runtuhnya rumah pemiliknya di Marrakesh dan desa Tisras di Maroko selatan. Situs web Hespress mengutip para pejabat yang mengatakan bahwa situasinya sulit, dan terjadi kehancuran besar akibat runtuhnya banyak rumah, dan sulit untuk memperkirakan jumlah korban.

Situs web Maroko “Media 24” mengutip sumber-sumber medis yang mengatakan bahwa ada “migrasi besar-besaran” orang-orang yang terluka ke rumah sakit di Marrakesh. Seorang koresponden Arabi 21 berkata: Getarannya sangat dahsyat dan melanda ibu kota, Rabat, Kenitra, Ain Sebaa, Agadir, Khouribga, Tafsala, Mohammedia, dan Marrakesh

Pemerintah Maroko telah mengerahkan tim penyelamat untuk mengevakuasi korban dan membantu warga yang terdampak gempa.

Menurut pusat Geofisika Maroko, Gempa bumi yang melanda negara itu adalah yang paling dahsyat selama berabad-abad. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *