Eni Menemukan Cadangan Gas Raksasa di North Ganal, Kalimantan Timur

Dewuna.com – Perusahaan asal Italia, Eni, telah menemukan cadangan gas raksasa di Wilayah North Ganal, Kalimantan Timur. Temuan ini diakui sebagai salah satu dari tiga terbesar di dunia pada tahun ini. Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, memberikan apresiasi atas penemuan tersebut yang dinilai signifikan dengan perkiraan awal gas in place mencapai 5 triliun cubic feet (tcf).

Head of Regional and Far East Eni menyampaikan kabar ini saat bertemu dengan Dwi Soetjipto di acara ADIPEC di Abu Dhabi pada tanggal 1 Oktober 2023. Penemuan ini diperkirakan memiliki discovered resources sekitar +/- 609 MMBOE (recoverable), menjadikannya sebagai salah satu temuan eksplorasi terbesar di dunia pada tahun 2023.

Dwi Soetjipto menyatakan bahwa penemuan gas in place sebesar 5 tcf ini akan menjadi salah satu giant discovery yang signifikan untuk mendukung peningkatan produksi migas nasional. Hal ini sejalan dengan target produksi 2030, yaitu produksi minyak sebanyak 1 juta barel per hari (BOPD) dan gas sebanyak 12 miliar kaki kubik per hari (BSCFD).

Penemuan ini diharapkan dapat mendorong investasi eksplorasi lebih lanjut di Indonesia, mengingat masih terdapat potensi migas yang menjanjikan. Dwi menambahkan bahwa SKK Migas akan melakukan koordinasi intensif dengan Eni untuk tahapan-tahapan selanjutnya agar cadangan gas tersebut dapat segera dimonetisasi.

Giant discovery gas ini diharapkan dapat segera diproduksi untuk meningkatkan pasokan gas yang mendukung pembangunan dan hilirisasi gas yang tengah didorong oleh pemerintah. Dukungan infrastruktur gas yang sudah tersedia di Kalimantan Timur diharapkan dapat mempercepat dan efisien mengembangkan temuan ini. (Pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *