Eks Dirjen Minerba Kementerian ESDM Ditahan Kejagung Terkait Kasus Blok Mandiodo

Dewuna.com — Ridwan Djamaluddin, mantan Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), resmi menjadi tersangka dan ditahan oleh penyidik Kejaksaan Agung terkait kasus dugaan korupsi. Ridwan terlihat meninggalkan gedung bundar Kejaksaan Agung pada pukul 17.50 WIB, mengenakan rompi warna merah muda, dan tangannya terborgol, ketika dia menuju kendaraan tahanan.

Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana, mengungkapkan bahwa Ridwan dijerat sebagai tersangka dalam kasus yang sedang diusut oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara (Kejati Sultra).

Dalam konferensi pers di kantor Kejagung pada Rabu (9/8), Ketut Sumedana juga mengumumkan bahwa terdapat satu tersangka lainnya, dengan inisial HJ, yang merupakan Subkoordinasi RKAB di Kementerian ESDM.

“Terkait dengan perkara di Kejati Sultra yang sampai saat ini sudah tetapkan tersangka 10. Yang hari ini kita tetapkan 2 tersangka, atas nama RJ (Ridwan) yaitu mantan Dirjen Minerba di ESDM. Kedua, atas nama HJ selaku Subkoordinasi RKAB Kementerian ESDM,” ucap Ketut.

Ketut Sumedana menjelaskan bahwa dalam kasus ini, peran Ridwan terkait pemberian kebijakan blok Mandiodo, yang diduga berdampak pada kerugian negara senilai Rp 5,7 triliun. Kedua tersangka ini diduga terlibat dalam kebijakan yang menyebabkan kerugian tersebut. (Pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *