DPRD Sultra Usulkan 3 Nama Calon Pj Gubernur

Dewuna.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menetapkan tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Sultra yang akan diusulkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Ketua DPRD Provinsi Sultra, Abdurrahman Shaleh, mengumumkan bahwa penetapan calon Pj Gubernur Sultra dilakukan melalui rapat paripurna yang melibatkan seluruh anggota DPRD Provinsi Sultra. Tiga nama calon Pj Gubernur yang akan diusulkan ke Kemendagri RI adalah Prof. Muhammad Zamrun Firihu, Komjen Pol Andap Budhi Revianto, dan Asrun Lio.

Profil Prof. Muhammad Zamrun merupakan Rektor Universitas Haluoleo (UHO) Kendari. Sedangkan Komjen Andap Budhi Revianto adalah mantan Kepala Polda Sultra dan saat ini merupakan Perwira Tinggi Kepolisian Republik Indonesia atau Pati Polri yang kini menjabat Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Sekjen KemenkumHAM RI.
Adapun Asrun Lio merupakan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara atau Sekda Sultra.

Pada rapat paripurna tanggal 1 Agustus 2023 yang dihadiri oleh delapan fraksi, semula mengajukan tujuh nama calon Pj Gubernur Sultra. Namun, dari tujuh nama tersebut, akhirnya dikerucutkan menjadi tiga nama untuk diusulkan ke Kemendagri.

Ketua DPRD Provinsi Sultra, Abdurrahman Shaleh, menyatakan bahwa pengajuan nama calon Pj Gubernur akan segera dilakukan, sebelum batas waktu paling lambat tanggal 9 Agustus 2023 sesuai surat dari Kemendagri. (Pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *