Deklarasi Pasangan Anies Baswedan – Cak Imin Untuk Pemilu 2024

Dewuna.com – Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mendeklarasikan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Deklarasi tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9). Paloh mengatakan bahwa keputusan untuk mengusung Anies-Cak Imin merupakan hasil kesepakatan antara kedua partai.

“Saya mengucapkan selamat kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden, dan Bung Muhaimin sebagai calon wakil presiden,” katanya.

Kini pertanyaan siapa wakil dari Capres Anies Baswedan sudah terjawab dengan dideklarasikan pasangan Anies – Cak Imin.

Paloh mengatakan bahwa Nasdem dan PKB akan segera mendaftarkan pasangan Anies-Cak Imin ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pendaftaran capres dan cawapres akan dibuka mulai pertengahan Oktober hingga November 2023.

Sebelumnya Anies merupakan bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Koalisi itu terdiri dari Nasdem, Demokrat, dan PKS.

Sementara PKB tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju bersama Gerindra, Golkar, PAN, dan PBB mengusung Prabowo Subianto. Namun ditengah jalan Nasdem mengajak PKB berkoalisi dan menjadikan Muhaimin Iskandar sebagai cawapres.

Keputusan Surya Paloh menjadikan Muhaimin Iskandar sebagai cawapres yang mendampingi capres Anies telah direspons keras oleh Partai Demokrat, yang akhirnya menarik dukungannya dari pencapresan Anies.

Dengan deklarasi ini, peta koalisi Pilpres 2024 pun kembali berubah. Kini, koalisi Nasdem, PKB dan PKS menjadi salah satu poros utama yang akan bersaing dengan poros lain, seperti Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang mengusung Ganjar Pranowo. (Pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *