Bupati Muna Diperiksa KPK Terkait Dana PEN

Dewuna.com – Bupati Muna, La Ode Muhammad Rusman Emba, menjalani pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi suap dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Ruangan Tipidkor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulawesi Tenggara pada Senin (17/7/2023).

Dikutip dari Antara, Rusman Emba mengungkapkan bahwa ia diperiksa mulai pukul 10.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita. Selama enam jam pemeriksaan, ia mendapatkan sekitar 20-an pertanyaan dari penyidik KPK. Ia menyatakan bahwa tidak pernah berkomunikasi terkait dana PEN dengan tersangka lainnya, baik mantan Dirjen Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Mochamad Ardian Noervianto, maupun Ketua DPC Gerindra Muna La Ode Gomberto.

Sebelumnya, KPK telah mengumumkan pembukaan penyidikan baru terkait dugaan suap pengurusan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2021, pada PT SMI dengan jumlah mencapai Rp 210 miliar.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan empat orang sebagai tersangka, salah satunya adalah Bupati Muna La Ode Muhammad Rusman Emba.

KPK juga telah mengamankan sejumlah dokumen terkait proyek pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Penyidikan lebih lanjut masih akan dilakukan untuk mengungkap fakta-fakta terkait kasus dugaan korupsi ini. (An)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *