BRI Cetak Rekor Penyaluran Kredit UMKM Rp 1.000 Triliun

Dewuna.com – Bank Rakyat Indonesia (BRI) mencatat rekor penyaluran kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebesar Rp 1.000 triliun sepanjang semester I-2023.

Pencapaian ini merupakan yang pertama di Indonesia, sekaligus menunjukkan komitmen BRI untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.

“Ini angka UMKM pertama di BRI sudah pasti perdana di Indonesia dimana kredit UMKM tembus di atas Rp 1.000 triliun,” ujar Direktur Utama BRI Sunarso dalam paparan kinerja tengah tahun Bank BRI, Rabu (20/8).

Sunarso menjelaskan, capaian tersebut didukung oleh berbagai faktor, antara lain pertumbuhan ekonomi yang positif, serta sinergi BRI dengan Pegadaian dan PNM melalui holding Ultra Mikro (UMi).

“Khusus untuk perkembangan holding Ultra Mikro, sampai akhir Juni 2023 telah berhasil integrasikan lebih dari 36 juta nasabah peminjam dan 162 juta nasabah simpanan mikro,” kata Sunarso.

Sementara secara keseluruhan pada paruh pertama tahun ini PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mencatatkan pertumbuhan laba hingga 18,7% secara tahunan atau year on year (YoY) hampir mencapai Rp 30 triliun, tepatnya sebesar Rp 29,42 triliun. (Pr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *