Bandara Sugimanuru di Muna Barat Akan Buka Rute Penerbangan Raha-Kendari

Dewuna.com – Bandar Udara Sugimanuru yang terletak di Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat, bersiap untuk membuka rute penerbangan baru yang menghubungkan Raha dan Kendari. Keputusan ini diambil dalam upaya mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap penerbangan di bandara tersebut.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sugimanuru, M Khusnuddin, menyatakan bahwa pihak bandara bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat telah berkomunikasi dengan maskapai Lion Air dan Citilink untuk melayani rute penerbangan ini. Mereka saat ini menunggu respon dari kedua maskapai tersebut.

Pembukaan rute penerbangan Raha-Kendari diharapkan akan menjadi sebuah langkah penting dalam merayakan Hari Ulang Tahun Perhubungan pada tanggal 17 September mendatang. Khusnuddin juga menyambut baik langkah Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri, yang telah membuka peluang untuk memberikan subsidi terhadap rute penerbangan baru ini.

Saat ini, bandara tersebut hanya melayani rute penerbangan Raha-Makassar dengan jadwal yang terbatas karena keterbatasan armada Lion Air. Namun, dengan pembukaan rute baru ini, diharapkan jadwal penerbangan dapat dioptimalkan kembali.

Pj Bupati Muna Barat, Bahri, menjelaskan bahwa permintaan untuk rute penerbangan baru ini didasari oleh tingginya permintaan, dengan asumsi bahwa tingkat keterisian penumpang pesawat akan tinggi. Arus mobilitas penumpang angkutan laut seperti kapal cepat, kapal malam, dan kapal fery di Pelabuhan Nusantara Raha juga terlihat sangat padat.

Untuk mendukung stabilitas harga tiket dan mempromosikan rute-rute penerbangan tersebut, pemda akan memberikan subsidi kepada penyedia jasa transportasi angkutan udara. Pemerintah setempat juga akan mendorong penggunaan transportasi udara dalam perjalanan dinas, bisnis, wisata, dan usaha lainnya sesuai dengan arahan Kemendagri. (Ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *