Atasi Pencemaran Air, PUPR Kota Baubau Bangun 600 Unit Septik Tank Kedap

Dewuna.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, kejar target pembangunan 600 unit septik tank kedap sebagai upaya untuk mencegah dan mengurangi pencemaran air tanah. Proyek yang dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebar di 12 kelurahan, dengan masing-masing kelurahan mendapatkan alokasi pembangunan sebanyak 50 unit septik tank.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Baubau, Aniarti, menjelaskan bahwa dari 12 kelurahan tersebut, tujuh kelurahan akan memiliki septik tank kategori perdesaan, sementara lima kelurahan akan memiliki kategori perkotaan. Perbedaannya terletak pada jenis konstruksi septik tank, dimana untuk kelurahan perdesaan dilengkapi dengan bilik tambahan, sementara di kelurahan perkotaan dilengkapi dengan kloset.

Adapun tujuh kelurahan yang mendapatkan pembangunan septik tank kategori perdesaan adalah Sulaa, Labalawa, Kadolokatapi, Kampeonaho, Kolese, Kantalai, dan Palabusa. Sementara itu, Kelurahan Lipu, Katobengke, Bukit Wolio Indah, Wangkanapi, dan Bataraguru mendapatkan pembangunan septik tank kategori perkotaan.

Progres pembangunan septik tank saat ini telah mencapai empat persen dari target keseluruhan. Tiap kelurahan telah menyelesaikan galian sebanyak 13-14 lubang sebagai lokasi pemasangan tanki septik berstandar SNI, sesuai dengan target progres tahap pertama sebesar 25 persen.

Tujuan utama dari pembangunan septik tank adalah untuk mencegah dan mengurangi tercemarnya air tanah. Hasil penelitian dari instansi kesehatan telah mengindikasikan bahwa salah satu faktor penyebab tercemarnya air tanah di Baubau adalah limbah tinja. (Ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *