ASN Muna Dijatah Beras Tiap Bulan

Dewuna.com – Pemerintah Kabupaten Muna menggandeng Perum Bulog untuk menyalurkan beras bagi ASN setiap bulan. Beras premium harga Rp 12.700 per liter merupakan beras dari petani lokal yang berkualitas bagus.

Sekab Muna, Eddy Uga mengatakan kerjasama tersebut sebagai upaya untuk memperkuat pemberdayaan hasil petani lokal. “Dengan adanya kerjasama dengan Bulog, tidak hanya memberikan akses pasar yang luas bagi para petani. Tetapi juga menjamin pasokan beras yang stabil dan berkualitas untuk kebutuhan ASN di lingkup Pemkab Muna,” ujar Edy Uga

Selanjutnya beras dari bulog akan didistribusikan sesuai permintaan masing-masing OPD di lingkup Pemkab Muna. Untuk pembayaran akan diambil dari gaji bulanan para ASN, namun demikian tidak ada paksaan untuk itu. “Tidak ada paksaan bagi ASN untuk membeli beras dari Bulog tersebut. Namun karena sudah ada kerjasama dan kesepakatan antara Pemkab Muna dengan Bulog, maka ASN diharapkan bisa mengikuti apa yang menjadi kesepatakan bersama tersebut,” jelasnya.

Kepala Perum Bulog Cabang Raha, Raymond menjelaskan beras yang disalurkan berasal dari petani lokal dengan kualitas terbaik. Sehingga ASN tidak perlu khawatir akan kualitas beras.

Kebijakan yang perlu didukung

Kebijakan Pemda Muna merupakan langkah strategis dalam memberdayakan petani sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani lokal. Bila langkah Pemda Muna didukung oleh ASN dan diikuti oleh masyatakat umum untuk membeli beras lokal secara konsisten maka ketahanan pangan akan segera terwujud. Lebih luas lagi apabila kebijakan ini diikuti oleh pemerintah daerah lain yang memiliki potensi yang sama maka Indonesia tidak perlu impor beras sebanyak sekarang.

Menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia mengimpor beras sebanyak 429.207 ton sepanjang 2022. Jumlah ini meningkat pada 2023 yang pada kuartal pertama 2023, Bulog sudah meneken kontrak 500 ribu ton dari rencana sebanyak 2 juta ton.

Sebenarnya bagi masyarakat tidak ada alasan untuk tidak beli beras lokal karena mutunya bagus dan juga enak rasanya.
Biasakan mencintai produk sendiri, mahal sedikit tidak apa. Karena kalau bukan kita siapa lagi. (An)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *