Anies Baswedan Jalani Tes Kesehatan Sebagai Syarat Pendaftaran Calon Presiden

Dewuna.com – Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, menjalani tes kesehatan di RS Fatmawati, Jakarta Selatan, pada Selasa. Tes kesehatan ini merupakan salah satu syarat pendaftaran calon presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Anies menjelaskan bahwa tes kesehatan ini berbeda dengan pemeriksaan kesehatan menyeluruh atau medical check-up yang akan dilakukan setelah pendaftaran. “Karena sebetulnya ini bukan berkas kesehatan seperti setelah menjadi calon, ini adalah surat keterangan sehat yang harus dibawa saat pendaftaran,” kata Anies.

Selama sekitar satu jam, Anies menjalani beberapa pemeriksaan kesehatan, termasuk pengambilan sampel darah, sampel urine, dan wawancara dengan seorang psikiater. “Kemudian dilakukan pengambilan rontgen, itu yang tadi dijalankan,” tambahnya.

Hasil tes kesehatan ini akan selesai pada Rabu untuk persiapan pendaftaran yang akan dilakukan Kamis. Anies menegaskan bahwa tes kesehatan ini merupakan bagian dari komitmen pasangan Anies-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk mendaftar lebih awal sebagai calon presiden dan calon wakil presiden ke KPU.

“Karena ini mau mengurus negara, mengurus masa depan bangsa harus dengan keseriusan, harus dengan perencanaan, dan kami coba kerjakan itu dengan baik,” ujar Anies.

Sementara itu, bakal calon wakil presiden (bacawapres) Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, telah menjalani tes kesehatan pada Jumat. Cak Imin menjelaskan bahwa syarat administrasi berupa surat kesehatan merupakan tambahan baru sebagai pelengkap pendaftaran pasangan calon (paslon) Pilpres 2024. Pada pilpres sebelumnya, syarat tersebut tidak ada. “Sudah lengkap. Insya Allah lengkap semua, semua administrasi sudah kita siapkan. Tinggal ini (surat kesehatan) tambahan baru sebenarnya. Biasanya enggak perlu surat seperti ini,” kata dia.(An)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *