2 Camat dan 34 Lurah Kota Kendari Dinonaktifkan Karena Tak Ikut upacara HUT RI-78

Dewuna.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, menonaktifkan sementara dua camat dan 34 lurah di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Camat Abeli dan Camat Kadia adalah dua pejabat yang mengalami penonaktifan karena tidak hadir pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78, pada 17 Agustus 2023 lalu.

Asmawa Tosepu mengatakan, penonaktifan sementara dua camat dan 34 lurah tersebut merupakan bentuk ketegasan pemerintah daerah dalam menegakkan disiplin PNS. Ia berharap, kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Ini sebagai bentuk ketegasan kita dalam menegakkan disiplin PNS. Kita berharap ini tidak terulang kembali di masa depan,” kata Asmawa.

Kepala Inspektorat Kendari Yusnita mengatakan, penonaktifan dua camat dan 34 lurah tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Dalam aturan tersebut, setiap PNS yang tidak hadir tanpa izin dalam waktu yang telah ditentukan dapat dijatuhi hukuman disiplin berupa pembebasan dari jabatan.

“Untuk sementara jabatan diberikan ke Pelaksana Harian Sekcam dan Seklur,” kata Yusnita. Senin (21/8/2023).

Yusnita menambahkan, jangka waktu pembebasan jabatan 36 ASN itu sampai waktu pemeriksaan para Camat dan Lurah selesai. (Ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *