13 Pekerja Tewas dalam Ledakan Tungku Smelter PT ITSS Morowali

Dewuna.com – Sebanyak 13 orang pekerja PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) meninggal dunia setelah tungku smelter di pabrik yang berada di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (PT IMIP) meledak, pada Minggu (24/12) pagi.

Humas Polres Morowali, Ipda Hamid, mengatakan jumlah pasti pekerja PT ITSS yang menjadi korban ledakan belum dapat diungkap secara detil. Namun, ia memastikan bahwa 13 orang di antaranya telah meninggal dunia.

“Iya sekarang 13 orang,” kata Hamid.

Hamid mengatakan kejadian ledakan didapatkan dari saksi atau pekerja PT ITSS yang sedang melakukan pemasangan plat bagian tungku. Menurut saksi, ledakan terjadi secara tiba-tiba pukul 5.30 WITA. Akibat kejadian itu, para korban telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Sementara itu berdasarkan keterangan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) 13 orang dilaporkan meninggal dan 46 lainnya luka ringan dan berat.

“Informasi yang saya dapat itu sudah bertambah menjadi 13 orang, yang lainnya masih dalam perawatan,” kata Dedy Kurniawan, Kepala Divisi Media Relations PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP).

Menurut Deddy 13 korban tewas yang terkonfirmasi saat ini terdiri dari sembilan pekerja Indonesia dan empat pekerja asal China.

Dedy melanjutkan, 46 korban luka umumnya disebabkan karena “terkena uap panas”. Sebanyak 29 korban luka dirujuk ke RSUD Morowali, 12 orang sedang dilakukan observasi oleh Klinik IMIP, dan lima orang rawat jalan.

Menurut Deddy dari investigasi awal ledakan tungku smelter terjadi saat sedang dilakukan perbaikan.

“Hasil investigasi awal, penyebab ledakan diperkirakan karena bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan. Saat proses perbaikan tersebut, terjadi ledakan,” ungkap Deddy.

Ledakan menyebabkan dinding tungku runtuh dan sisa terak besi mengalir keluar sehingga menyebabkan kebakaran dan melukai pekerja yang berada di lokasi. (Ma)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *